Biografi Lionel Messi

messi1Data diri:

Lahir: Jun 24, 1987
Tempat Lahir : Santa Fe
Kewarganegaraan: Argentina

Messi pernah mencetak rekor sebagai pemain termuda yang pernah berlaga di Divisi Primera dan pemain termuda yang pernah mencetak gol di Divisi Primera. Namun dua rekor itu kini dipatahkan oleh rekan setimnya Bojan Krkic pada tahun 2007 lalu.

Setiap ada pemain istimewa dari Argentina hampir pasti selalu disebut Diego Maradona baru. Namun dari sekian banyak yang mendapat julukan itu, hanya Lionel Messi yang paling pantas menerimanya. Tidak tanggung-tanggung, pengesahan itu muncul dari mulut Maradona sendiri.

“Saya telah melihat pemain yang mewarisi posisi saya di sepak bola Argentina. Dia adalah Messi,” katanya.

Maradona benar. Messi bagai titisan darinya. Setiap dia bermain, orang pasti akan teringat terhadap kehebatan Maradona.

Messi kini merumput di Barcelona. Dia bergabung di tim junior Barcelona sejak umur 13 tahun. Dia pertama kali bermain pada usia lima tahun di klub Grandoni yang dilatih ayahnya. Pada 1995, dia kemudian pindah ke Newell’s Old Boys.

Pada umur 11 tahun, Messi didiagnosis menderita penyakit kekurangan hormon pertumbuhan yang membuatnya sulit untuk tumbuh besar. Untuk merawatnya, butuh biaya besar yakni lebih dari 500 dolar AS setiap bulannya. River Plate yang tertarik menggaetnya tidak mampu membayarnya. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh petinggi Barcelona, Carles Rexach untuk menawarinya pindah ke Spanyol dan membayar biaya pengobatan. Jadilah pada usia 13 tahun, Messi bergabung dengan tim Barcelona B.

Di tim junior, Messi tampil istimewa dengan mencetak gol rata-rata lebih dari satu setiap partai. Ini membuatnya naik ke tim utama. Debut tak resmi Messi bersama tim senior terjadi pada 16 November 2003 dalam pertandingan mewalan Porto. Kurang setahun sesudahnya, tepatnya pada 16 Oktober 2004, dia menjalani debut resmi di Divisi Primera ketika timnya bertemu Espanyol.

Sesudah itu Messi terus bersinar. Pada 2005, dia mengantar timnas U-20 Argentina menjadi juara Piala Dunia Junior. Messi menjadi top skorer sekaligus pemain terbaik.

Di level klub, karier Messi juga makin menanjak. Dia mampu menjadi pemain inti menggeser Ludovic Giuly. Bahkan sekarang reputasinya telah sejajar dengan bintang Barcelona lain seperti Ronaldinho dan Samuel Eto’o.

Sejauh ini Messi sudah mengoleksi dua gelar juara Divisi Primera (2004-05, 2005-06), dua Piala Super Spanyol (2005, 2006), dan satu trofi Liga Champions (2005-06). Pada tahun 2007 lalu, dia berada di posisi kedua dalam daftar pemain terbaik dunia versi FIFA di bawah Kaka. (asis)

~ oleh anggi nugraha pada 8 Desember 2008.

Satu Tanggapan to “Biografi Lionel Messi”

  1. hebat pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: